salam special selalu!!

welcome to my blog, have a nice learning a small thing here

Selasa, Maret 31, 2009

nih...contoh RPP-ku, mg bermanfaat bg yg mau download.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SEKOLAH : MTs N REJOSO DI POHJENTREK
KELAS/SEMESTER : VIII/GANJIL
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS

I.STANDAR KOMPETENSI:
[Listening - 2] Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
[Speaking - 4] Mengungkap kan makna dalam teks lisan fungsional dan monolog pendek
sederhana yang berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar

II.KOMPETENSI DASAR:
[Listening – 2.1] Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
[Speaking – 4.1] Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar

III. INDIKATOR:
[Listening] Siswa dapat
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa undangan.
Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa undangan.
[Speaking] Siswa dapat
Mengungkapan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan.
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.

Mona
Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentang teks fungsional pendek berbentuk undangan

IV.ALOKASI WAKTU: 2 x 40'

V.TUJUAN PEMBELAJARAN
[Listening] Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan:
1.Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik/tema yang akan dibahas
2.Membahas kosakata yang terkait tema/topik/undangan (noun phrase, verb phrase)
3.Membahas ungkapan-ungkapan yang sering muncul dalam undangan:
I want you to come to.......
Please come to .....
Don’t forget to come to......
4.Mendengarkan teks fungsional pendek (undangan)
5.menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam teks fungsional, undangan.
6.Mendengarkan contoh-contoh undangan lainnya dari teman.
7.Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek : undangan
invitee
occasion
time
place
Invitor
[Speaking] Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan:
1.Mendengarkan teks fungsional pendek: undangan
2.Tanya jawab tentang isi teks “undangan”
3.Tanya jawab tentang struktur teks
4.Membuat kalimat sederhana terkait jenis teks bentuk undangan
- I want to come to....
- Please come to ........
5.Berlatih mengundang seseorang secara lisan menggunakan gambit-gambit tertentu
Contoh:
A: Hi Guys, I want you all to come to my birthday party.
B: We’d love to! When?
A: Tomorrow, at 4.00
6.Secara berpasangan atau dalam kelompok mengungkapkan undangan berdasarkan konteks/situasi yang diberikan
7.Secara mandiri mengungkapkan undangan lisan

VI.MATERI PEMBELAJARAN
[Listening]
Teks fungsioanl pendek berupa : Undangan
Contoh:
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.
Mona
Ciri kebahasaan teks fungsional pendek
Langkah retorika teks:
descriptive (identification – descriptions)
recount ( orientation events)
reorientation
[Speaking]
Teks fungsional pendek berupa :Undangan

VII.METODE PEMBELAJARAN
Tatap Muka : PAKEMI, CTL, Construktifis
Terstruktur : Homework/ Schoolwork
Mandiri : Team/Group work

VIII.LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
No.
Kegiatan
Alokasi
Waktu
Guru
Siswa
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.Absensi siswa
b.Apersepsi (Ice breaking)
c.Mengkaitkan apersepsi dengan materi pembelajaran dan tujuannya

a. Aktif merespon apersepsi guru


15`
2.
Kegiatan Inti:
a.Memberikan sekilas materi yang dipelajari berupa teks fungsional pendek
b.Meminta siswa mempraktekkan materi yang diberikan
c.Memberikan kesempatan pada siswa berkreasi dengan materi yang diberikan
d.Menjelaskan materi jenis teks descriptive dan recount
e.Meminta siswa memperhatikan contoh teks di lks
f.Meminta siswa mengerjakan lks

a.Memperhatikan penjelasan guru


b.Mempraktekkan materi

c.Aktif menemukan contoh materi lain yang sering ditemui dalam pengalaman sehari-hari

d.Memperhatikan lks dan mengerjakan tugas-tugasnya

55`


3
Penutup:
a.Memberikan tugas untuk materi yang belum terselesaikan
b.Memberikan kesimpulan


a.Memberi tanda materi yang ditugaskan
b.Membuat catatan kesimpulan


0`

IX.SUMBER BELAJAR
Contoh-contoh teks fungsional pendek tertulis dari buku teks atau sumber-sumber lain
Gambar
LKS
Buku Pegangan Guru
VCD Pembelajaran

X.PENILAIAN
a. Jenis : Non Tes dan Tes Tulis
b. Bentuk instrument : Interview-Performance, Portofolio-Tugas
c. Contoh instrumen :
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks.

Mona

I want you to come to.......
Please come to .....
Don’t forget to come to......

A: Hi Guys, I want you all to come to my birthday party.
B: We’d love to! When?
A: Tomorrow, at 4.00

Snakes are reptiles. They belong to the same group as lizards (the scaled group, Squamata) but form a sub-group of their own (Serpentes)
Snakes have two legs but a long time ago they had claws to help them slither along. Snakes are not slimy. They are covered in scales which are just bumps on the skin. Their skin is hard and glossy to reduce friction as the snake slither along the ground.
Most snakes live in the country. Some types of snakes live in trees, some live in water, but most live on the ground in deserted rabbit burrows, in thick, long grass and in old logs. A snake’s diet usually consists of frogs, lizards, and mice and other snakes. The Anaconda can eat small crocodile and even wild boards.
Many snakes protect themselves with their fangs. Boa Constrictors can give you a bear hug which is so powerful it can crush every single bone in your body. Some snakes are protected by scaring their enemies away like the Cobra. The flying snakes glided away from danger. Their ribs spread apart and the skin stretches out. Its technique is just like sugar gliders.
Text source: Derewianka, 1990
What is the main idea of the text?
a.Snakes are reptile
b.Snakes have two legs
c.Most snakes live in the country
d.Many snakes protect themselves with their fangs

d. Format penilaian
Format Penilaian ‘Interview-Performance’
(Menggunakan Skala Penilaian)
Nama Siswa: ________ Kelas: _____
No.
Aspek Yang Dinilai
Nilai

1
2
3
4
1.
Content
2.
Fluency
3.
Language

a. Pronunciation and intonation

b. Grammar

c. Vocabulary

4.
Performance ( eye contact, facial expression, gesture)

Jumlah

Skor Maksimum
20
Keterangan penilaian:
1 = tidak kompeten
2 = cukup kompeten
3 = kompeten
4 = sangat kompeten
Jika seorang siswa memperoleh skor 20 dapat ditetapkan ”sangat kompeten”. Dan seterusnya sesuai dengan jumlah skor perolehan.

Format Penilaian ‘Portofolio-Tugas’
1.Untuk lembar isian, tiap jawaban benar skor 3
2.Untuk pilihan ganda, tiap jawaban benar diberi skor 2
3.Jumlah skor maksimal I 5 x 3 = 15
II 5 x 2 = 10 Jumlah 25


4.Nilai maksimal = 10

5.Nilai Siswa =

6.Rubrik Penilaian:

No.
Uraian
Skor
I
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
3
2
1
0
II
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab
2
0

Mengetahui
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,



Drs. H. Imam Ghozali, M.PdI Eka Sugeng Ariadi
NIP. 150254290











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP Pertemuan ke 1 – 6 / 6 – 29 Januari 2009 )

SEKOLAH : MTs N REJOSO DI POHJENTREK
KELAS/SEMESTER : VIII/GENAP
MATA PELAJARAN : BAHASA INGGRIS


I.STANDAR KOMPETENSI
[Reading – Kode 11] Memahami makna dalam esei pendek sederhana berbentuk recount, dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

[Writing – Kode 12] Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount dan narrative untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

II.KOMPETENSI DASAR
[Reading – Kode 11.1] Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan essai pendek sederhana berbentuk recount dan narrative dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
[Reading – 11.2] Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar

[Writing – Kode 12.1] Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

III.INDIKATOR
[Reading] Siswa dapat
Membaca nyaring dan bermakna teks essai berbentuk narrative / recount (P2-P3)
Mengidentifikasi berbagai makna teks narrative / recount (P3-P5)
Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks narrative / recount (P3)

[Writing] Siswa dapat
Menulis teks fungsional pendek berbentuk :
- Pengumuman
- Undangan
- Pesan singkat (P2)

IV.TUJUAN PEMBELAJARAN
[Reading – 11.1] Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu:
1.Tanya jawab mengembangkan kosakata berdasarkan gambar cerita popular
2.Tanya jawab menggali informasi dalam cerita berdasarkan gambar
3.Mendengarkan teks narrative / recount yang dibaca guru (P3)
4.Membaca nyaring teks narrative / recount dengan ucapan dan intonasi yang benar (P3)
5.Menjawab berbagai pertanyaan tentang informasi dalam teks yang di baca (P4)
6.Menentukan tujuan komunikatif teks narrative / recount yang di baca (P3)
7.Menentukan langkah retorika dari teks narrative / recount yang di baca (P4)
8.Menentukan ciri kebahasaan teks narrative / recount yang di baca (P3)
9.Membaca teks narrative / recount lainnya (P4)



[Reading – 11.1] Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu:
1.Mencermati teks fungsional pendek terkait materi
2.Menyebutkan jenis teks fungsional yang dicermati
3.Membaca nyaring teks fungsional terkait materi
4.Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
5.Menyebutkan ciri-ciri teks fungsional yang dibaca
6.Membaca teks fungsional pendek lainnya dari berbagai sumber

[Writing – 12.1] Pada akhir pembelajaran siswa diharapkan mampu:
1.Review tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait materi
2.Menulis kalimat sederhana untuk mengundang, mengumumkan, pesan singkat (P1)
3.Melengkapi teks fungsional pendek
4.Menulis teks fungsional pendek

V.MATERI PEMBELAJARAN
[Reading – 11.1 & 11.2]
Teks Essai berbentuk narrative / recount (P3)
Ciri kebahasaan
Teks Essai berbentuk narrative / recount (P3)
Tujuan komunikatif teks essai narratif / recount (P3)
Langkah retorika narrative / recount (P4)
Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan (P1)
Tujuan komunikatif
Ciri kebahasaan

[Writing – 12.1]
Teks fungsional :
- undangan
- pengumuman
- pesan singkat (P1)

VI.ALOKASI WAKTU : 12 x 40`

VII.METODE PEMBELAJARAN
Pedekatan : PAKEMI, CTL, CL, PBL, AL, dll
Metode : Ceramah bervariasi, Tanya jawab, diskusi, dll
Model/Teknik : Jigsaw, Think-pair-share, think-pair-square, dll

VIII.LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

Pertemuan 1 – 75`
No.
Kegiatan
Alokasi
Waktu
Guru
Siswa
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.Absensi siswa
b.Apersepsi
c.Make commitments for this semester



b. Aktif merespon apersepsi guru
c.Build self commitments for this semester

30`
2.
Kegiatan Inti:
a.Menuliskan teks lagu
b.Meminta mengisi teks lagu rumpang


a.Mendengarkan lagu
b.Mengisi teks lagu rumpang

30`

3
Penutup:
a.Check jawaban siswa
b.Memberikan tugas rumah: mengartikan teks lagu & menulis SMS proverbs/motivation/advice, etc.


a.Mensesuaikan jawaban
b.Mencatat tugas


15`

Petemuan 2 – 75`
No.
Kegiatan
Alokasi
Waktu
Guru
Siswa
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.Absensi siswa
b.Check tugas rumah: reward & punishment



b. Menunjukkan tugas rumah dan menerima reward & punishment

30`
2.
Kegiatan Inti:
a.Memberikan bacaan teks essai narrative dan atau recount
b.Membacakan teks tersebut
c.Meminta beberapa siswa membaca nyaring teks tersebut
d.Check pronunciation

a. Menerima teks essai narrative dan atau recount
b. Mendengarkan teks
c. Membaca nyaring
30`

3
Penutup:
a. Memberi tugas merekam suara dalam membaca teks di rumah


a.Mencatat tugas

15`
























Pertemuan 3 – 75`

No.
Kegiatan
Alokasi
Waktu
Guru
Siswa
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.Absensi siswa
b.Check PR siswa `hunting narrative / recount text`



a. Menunjukkan hasil pekerjaan
20`
2.
Kegiatan Inti:
a.Memberikan teks narrative yang disertai worksheet
b.Membacakan teks dengan intonasi, mimic, dan pengucapan yang baik
c.Tanya jawab ciri kebahasaan cerita tersebut
d.Mendiskusikan tentang Past Tense (positive, negative & interrogative)


a.Menerima lembar kerja

b.Mendengarkan dengan baik

c.Merespon pertanyaan guru & menandai ciri kebahasaannya
d.Actif dalam diskusi
40`

3
Penutup:
a.Memberikan tugas berlatih membaca ceritanya sendiri yang telah didapatkan dari hunting dengan intonasi, pengucapan dan mimic yang baik
b.Menjawab pertanyaan yang ada dalam lembar kerja


a.Mencatat tugas yang diberikan


15`









Pertemuan 4 – 75`

No.
Kegiatan
Alokasi
Waktu
Guru
Siswa
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.Absensi siswa
b.Memperdengarkan cerita narrative yang disampaikan dengan intonasi dan pengucapan yang baik



a.Mendengarkan dengan seksama
20`
2.
Kegiatan Inti:
a.Masing-masing anak membuat pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan yang dimilikinya
b. Meminta siswa menukarkan dengan teman untuk dijawab pertanyaan tsb.

Membuat pertanyaan berkaitan dengan teks
Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan temannya

40`
3
Penutup:
a.Memberikan catatan tentang retorika penyusunan cerita narative
b.Memberikan tugas membuat undangan/pengumuman

a. Membuat catatan kesimpulan

15`


X.SUMBER BELAJAR
1.Buku Paket Erlangga VIII
2.Modul internal
3.LKS Fokus

XI.ALAT BANTU
1. Laptop
2. LCD
3. Multimedia

XII.MEDIA
1. Buku cerita bahasa Inggris; The Story of Nasreddin Hoja
2. Gambar - gambar terkait cerita, materi dan topik
3. Contoh teks fungsional
4. Benda sekitar
5. Hello Magazines

XIII.PENILAIAN
a. Jenis : Tes Tulis, Tes Lisan, Non Tes (Tugas individu, tugas kelompok),
pengamatan/observasi, dll
b. Bentuk instrument : Text-reading, Pilihan ganda, Isian singkat, Pertanyaan tertulis,
PG, dll
c. Contoh instrumen : terlampir


Mengetahui
Kepala Madrasah, Guru Mata Pelajaran,



Drs. H. Imam Ghozali, M.PdI Eka Sugeng Ariadi
NIP. 150254290


Reading Text: song
I wanna call the stars
Down from the sky
I wanna live a day
That never dies
I wanna change the world
Only for you
All the impossible
I wanna do

I wanna hold you close
Under the rain
I wanna kiss your smile
And feel the pain
I know what's beautiful
Looking at you
In a world of lies
You are the truth

Rubrik Penilaian – Unjuk kerja (reading aloud)

No. Absen
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Pronunciation (1-5)
Fluency (1-5)
Intonation (1-5)
Bibliography

Mukarto, dkk. 2007. English on Sky. Jakarta. Penerbit Erlangga.


H. Suparno. Prof. Dr. & Kamdi, Waras. Dr. M.Pd. Pengembangan Profesionalitas Guru. 2008. Malang. Panitia Sertifikasi Guru.

Pemahaman peserta didik.
Keefektifan pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh pendekatan yang digunakan, akan tetapi juga ditentukan oleh interaksi pendekatan pembelajaran itu dengan karakteristik peserta didik, antara lain:
c.Memahami kecerdasan; meliputi 7 kecerdasan Gardner + ESQ
d.Mengetahui kemampuan awal (entry behaviour); meliputi pre-test / placement test
e.gaya belajar (learning style); meliputi visual, audio dan kinestetik
f.motivasi berprestasi; meliputi 6 karakteristik, yaitu
a.individu yang memiliki motivasi berprestasi tinggi menyukai terlibat dalam situasi dimana ada resiko gagal atau keberhasilan yang penuh tantangan.
b.individu yang memiliki motivasi berprestasi tinggi menyukai kepuasan intrinsik dari keberhasilan itu sendiri.
c.individu yang memiliki motivasi berprestasi tinggi cenderung membuat pilihan atau tindakan yang realistis sesuai kemampuannya.
d.individu yang memiliki motivasi berprestasi tinggi menyukai menilai diri sendiri, kemajuan dan pencapaiannya.
e.individu yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memiliki pandangan jauh ke depan
f.individu yang memiliki motivasi berprestasi tinggi tidak selalu menunjukkan nilai rata-rata tinggi di sekolah. Karena motivasi prestasi intrinsik yang lebih diutamakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Pasuruan, Jatim, Indonesia
seorang guru 'goblok' yang mendapat amanah mengajar matpel bahasa inggris MTs Negeri Rejoso sejak tahun ajaran 2004-2005.