salam special selalu!!

welcome to my blog, have a nice learning a small thing here

Senin, Maret 16, 2009

ternyata bidadari bisa cemburu!?


ath-thabarani menuturkan bahwa Ummu Salamah pernah berkata,"wahai Rasulullah, jelaskan kepadaku firman Allah tentang bidadari-bidadari yang bermata jeli."

Nabi saw. menjawab,"bidadari yang kulitnya putih, matanya jeli dan lebar, rambutnya berkilau seperti sayap burung nasar."

Ummu Salamah berkata lagi,"wahai Rasulullah, jelaskan kepadaku firman Allah tentang laksana mutiara yang tersimpan baik." (QS. Al Waqi'ah (56): 23)

Beliau menjawab,"kebeningannya seperti kebeningan mutiara di kedalaman lautan, tak pernah tersentuh tangan manusia."

bersambung ya...sorri udah ngantuk nih!

quantum learning; untuk apa?


PRINSIP DASAR QUANTUM LEARNING
Untuk Team Guru Mos Baru 2008-2009

1.Berakar dari teori Suggestopedia/Suggestology (Dr. Georgi Lozanov). Suggestopedia prinsipnya bahwa sugesti dapat dan pasti mempengaruhi hasil situasi belajar, dan setiap detail apa pun memberikan sugesti positif atau negatif.
Tekniknya adalah
mendudukkan siswa secara nyaman, santai dengan memutar musik yang sesuai dgn kondisi di dalam kelas
meningkatkan partisipasi individu, rangsangan siswa kreatif
menggunakan poster-poster, kalimat positif
Tugas: masing-masing siswa membuat poster kreatif hasil karya sendiri
Teknis: siswa bisa menyiapkan sketsa dari rumah dan hanya mewarna di forum








2.Konsep-konsep kunci dalam Quantum Learning
Teori otak kanan/kiri
i.Otak kanan: acak, tidak teratur, intuitif, dan holistik
ii.Otak kiri: logis, sekuensial, linear, rasional.
Teori otak 3 in 1
i.Otak neokortek: berpikir intelektual, penalaran, perilaku waras, bahasa dan kecerdasan yang lebih tinggi.
ii.Otak mamalia/sistem limbik: perasaan/emosi, memori, bioritmik, dan sistem kekebalan.
iii.Otak reptil: fungsi motor sensorik, kelangsungan hidup, “hadapi atau lari”.
Gaya belajar (visual, auditorial dan kinestetik)
Tugas: siswa mengisi tabel berikut ini:
No.
Visual
y/n
Auditorial
y/n
Kinestetik
y/n
1.
Apakah kamu suka mencoret-coret ketika berbicara di telpon?

Apakah kamu suka bicara sendiri?

Apakah kamu berfikir lebih baik ketika kamu bergerak atau berjalan?

2.
Apakah kamu bicara dengan cepat?

Apakah kamu lebih suka ngobrol daripada baca buku?

Apakah kamu banyak menggerakkan anggota tubuh ketika bicara?

3.
Apakah kamu lebih suka melihat daripada mendengat penjelasan?

Apakah kamu lebih suka bicara daripada menulis?

Apakah kamu sulit untuk diam saja?


Teori Multiple Intelligence
Tugas: siswa menentukan kecerdasannya sendiri!
Kamu punya …
Bila biasanya …
Kamu dapat lebih efektif belajar dangan cara …
1. linguistik
Belajar teratur, mampu mengungkapkan pendapat/berdebat, suka membaca-menulis-mendengarkan, dan ingatannya kuat pada hal-hal kecil.

2. matematis-logis
Sangat suka berhitung, suka memecahkan masalah, suka eksperimen, dan catatan teratur

3. visual-spasial
Suka menggambar, melukis, suka warna-warna, dan suka bercerita dengan gambar

4. musikal
Sensitif terhadap nada/warna nada, irama, dan suka musik

5. kinestetis
Keseimbangan tubuh yang luar biasa, belajar yang paling efektif dengan bergerak, suka olahraga, mudah mengingat apa yang dilakukan dan bukan apa yang dikatakan atau diamati

6. interpersonal/kecerdasan sosial
Mahir negosiasi dengan orang lain, punya banyak teman, pandai menengahi pertengkaran, suka bekerjasama, dan mampu membaca situasi sosial dengan baik.

7. intrapersonal/intuitif
Sensitif terhadap perasaan diri sendiri, tujuan diri, punya motivasi diri, suka menyendiri, ingin beda dengan orang kebanyakan.


Pendidikan holistik (menyeluruh)
konsep AMBAK – Apa Manfaatnya Bagi ku?
segala sesuatu yang ingin siswa lakukan harus menjanjikan manfaat baginya atau dia
tidak akan termotivasi untuk melakukannya.Bisa muncul dari dalam dirinya atau
bahkan guru yang menciptakannya.

Belajar berdasarkan pengalaman antara lain:

Teknik mencatat tingkat tinggi: Peta Pikiran dan Catatan-TS (Tulis dan Susun)
Peta Pikiran
Teknis:
guru memberikan salah satu lks sebagai contoh praktis membuat peta pikiran
sebelumnya siswa diminta membawa selembar kertas gambar dari rumah
praktek membuat peta pikiran langsung

Catatan-TS: menerapkan pikiran sadar dan bawah sadar untuk materi yang ada.













Teknik menulis dengan penuh percaya diri

Pengelompokkan (Clustering)
suatu cara memilah gagasan-gagasan dan menuangkannya secara cepat ke atas kertas, tanpa pertimbangan benar tidaknya.
Contoh:
1.menulis kata merah di tengah-tengah kertas lalu melingkarinya.
2.membuat kata-kata yang berkaitan dengan kata kunci didekatnya
3.jika muncul kata-kata mencabang teruskan saja lalu kembali ke kata awal
4.bila ada kata-kata yang ternyata tidak perlu, maka coret saja
5.semakin banyak cabang, semakin kreatif
6.fenomena menulis dengan PD itu tiba-tiba muncul
tugas: siswa membawa kertas gambar dari rumah




Belajar dengan simbol (Methaporic Learning)
Memori dan Daya Ingat
Asosiasi
Teknis: mengingat sesuatu/kata dengan benda-benda fisik yang menyertainya atau dengan benda-benda yang lain.

menghubungkan
teknis: membuat cerita bersambung dengan kata-kata yang telah ditentukan. Kata-kata tersebut bisa diplesetkan dengan kata-kata lain yang mirip

sistem cantol


Membaca
reguler
melihat dengan cepat (skimming)
melihat sekilas (scanning)
kecepatan tinggi (warp speed)

Game
RAYAKAN selesainya tugas siswa
i.akan memberikan perasaan keberhasilan
ii.akan memberikan perasaan kesempurnaan
iii.akan memberikan perasaan percaya diri
iv.akan memberikan motivasi untuk perkerjaan selanjutnya


mengembangkan visi periferal memungkinkan Anda memperoleh
------- * ------- ------- * ------- ------- * ------- ------- * -------
lebih banyak informasi pada setiap pengamatan
------- * ------- ------- * ------- ------- * ------- ------- * -------


-------------- * -------------- -------------- * -------------- -------------- * --------------

-------------- * -------------- -------------- * -------------- -------------- * --------------

-------------- * -------------- -------------- * -------------- -------------- * --------------

Pengikut

Mengenai Saya

Pasuruan, Jatim, Indonesia
seorang guru 'goblok' yang mendapat amanah mengajar matpel bahasa inggris MTs Negeri Rejoso sejak tahun ajaran 2004-2005.