salam special selalu!!

welcome to my blog, have a nice learning a small thing here

Selasa, Januari 05, 2010

serasikan kata & langkah

Puluhan dari ratusan orang yang telah membuat proposal hidup dan dikirimkan ke saya mengeluh; “pak saya sudah membuat proposal hidup seperti urutan dalam buku bapak Tuhan, Inilah Proposal Hidupku. Koq saya hanya bisa membuat tetapi malas melaksanakan ya pak?” Yakinlah kepada saya, kebahagiaan sejati tidak akan hadir dalam hidup apabila kegiatan sehari-hari berbeda dengan nilai-nilai terdalam yang ada di dalam diri Anda.

Anda bisa saja mengaku bahwa telah membuat proposal hidup akan tetapi jika waktu untuk mewujudkannya tidak ada dalam jadwal Anda, berarti sebenarnya apa yang Anda tulis dalam proposal itu bukanlah prioritas Anda. Begitu pula Anda bisa mengaku bahwa keluarga Anda adalah prioritas, namun bila dalam jadwal kehidupan Anda tidak ada waktu bersama mereka, berarti sebenarnya kehidupan keluarga bukanlah prioritas. Ada juga yang mengatakan hidup adalah belajar, hidup adalah prestasi, hidup adalah ibadah. Sekarang tunjukkan jadwal sehari-hari Anda kepada saya, dan saya akan mengetahui kebenaran perkataan Anda.

Ingatlah pepatah lama yang mengatakan: “Tindakanmu berteriak keras sekali, sehingga saya tidak bisa mendengar kata-katamu.” Maknanya, tindakan Anda sehari-hari itulah cerminan diri Anda. Kata-katamu yang manis dalam proposal hidup atau rencana kegiatan harian tak ada artinya sama sekali karena diri Anda yang sesungguhnya adalah tindakan Anda bukan kata-kata Anda.

Apabila Anda telah membuat proposal hidup dan juga jadwal kegiatan dengan sungguh-sungguh tetapi Anda tidak konsisten melaksanakannya, menurut saya Anda tidak punya integritas. Saya menyebutnya Jurang Integritas. Semakin besar perbedaan antara komitmen yang telah Anda buat baik melalui proposal hidup atau jadwal sehari-hari dan nilai-nilai terdalam yang ada di dalam diri Anda, saya yakin hidup Anda tidak bahagia. Mengapa? karena Anda telah menghianati diri Anda sendiri. Anda tidak menjalankan apa yang Anda katakan.

Kegiatan Anda sehari-hari adalah indikator terbaik atas apa yang benar-benar Anda hargai dan percayai sebagai sesuatu yang penting. Terlalu banyak orang yang mengatakan hal-hal yang manis namun dia malas melakukannya. Ingatlah! dalam jangka panjang orang akan melihat apa yang Anda kerjakan bukan apa yang Anda katakan.

Jurang Integritas yang semakin lebar menjadikan Anda tidak bahagia dan orang-orang di sekitar Anda tidak percaya dengan ucapan Anda. Sungguh, Sang Pencipta benci kepada orang yang pandai berkata namun dia tidak melakukannya. Kerjakanlah apa yang Anda katakan, bila Anda memang punya integritas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Mengenai Saya

Pasuruan, Jatim, Indonesia
seorang guru 'goblok' yang mendapat amanah mengajar matpel bahasa inggris MTs Negeri Rejoso sejak tahun ajaran 2004-2005.